Internet Tri, ISP Terbaik Di Indonesia

Tidak salah kalau pendapat pribadi saya mengatakan bahwa Operator Tri adalah Operator jaringan Seluler terbaik di Indonesia untuk urusan mobile data. Bagi yang tidak setuju jangan protes dulu baca dulu sampai selesai. Pendapat dan rekomendasi saya kepada Tri sebagai yang terbaik, didasarkan pada pengalaman saya dan beberapa teman yang sudah lama menggunakan Tri.

Berikut adalah fakta yang menunjukkan bahwa Tri adalah internet provider via jaringan GSM yang terbaik di Indonesia:

1.    Jangkauan sinyal
Rumah saya di daerah Bekasi, operator seluler seperti XL dengan paket internet yang sangat murah, cuma bisa tertangkap oleh handphone hanya dua bar sinyal, sesekali sampai tiga bar. Untuk Tri, sinyalnya selalu penuh di ruangan manapun di rumah saya. Kualitas sinyal 3G Tri di Bekasi memang sangat bagus lebih bagus dari operator besar seperti XL.

2.    Paket internet
Paket internet Tri memang cukup mahal dibanding dengan paket dari operator paling murah ( XL dengan 25 ribu  500 MB pada jam 12 siang sampai jam 12 malam, ditambah 5 Gb pada jam 12 malam sampai jam 12 siang ). Tapi Tri dengan paket 5 GB seharga 49 ribu, tanpa ada batasan waktu kapan saja bisa digunakan. Saya lebih memilih Tri dari XL karena kualitas sinyal dan koneksi internet tri yang kencang dan sangat stabil.

3.    Internet Tri sangat direkomendasikan untuk kebutuhan upgrade OS Smartphone Android.
Tanggal 1 Januari 2014 kemarin, di hp smartphone saya yang berjalan dengan Android 4.1 muncul pesan dari  pengembang OS Android bahwa tersedia Update-an dan pemilik HP diberi kesempatan untuk melakukan upgrade via koneksi wifi. Penasaran, saya lalu mengambil USB modem 3G yang berisikan kartu Tri. Kemudian modem saya ke colokan WIFI router, wifi router kemudia di-ON-kan.
Kurang lebih 30 detik menunggu, warna biru led pada modem USB 3G menyala tanpa kedap kedip, menandakan koneksi ke internet dengan kualitas sambungan 3G sudah berhasil dilakukan.

Pada smartphone, saya lalu mengaktifkan koneksi wifi dan mulai menggupgrade sesuai dengan petunjuk dan langkah-langkah yang diberikan. Proses download untuk kebutuhan upgrade segera dimulai, tapi tunggu dulu paket download untuk upgrade besarnya lebih dari  700 MByte. Dengan sedikit nekat saya teruskan proses download packet tersebut. Saya pun pasrah, HP  saya tinggal di rumah, saya kemudian pergi ke rumah mertua.

Kurang lebih satu jam kemudian, saya kembali ke rumah dan iseng-iseng mengecek perkembangan download paket upgrade tersebut. Ternyata sudah selesai, yang ada pada tampilan smartphone hanya pilihan untuk melanjutkan proses upgrade, sekali tap, selesai dan restart HP. Setelah restart, versi  Android di HP jadi 4.3.

Luar biasa kalo pakai Operator lain saya tidak tahu berapa lama proses download itu selesai.
Koneksi internet TRI memang sangat bagus dan recommended untuk urusan upgrade OS Android pada smartphone anda.

4.    Masa aktif yang panjang
Paket internet Tri always on, masa aktifnya adalah selama setahun, begitu juga dengan paket internet-nya yang mengikuti masa aktif kartu tersebut. Dengan Tri, selama bisa menghemat kuota maka kita hanya sekali saja dalam setahun melakukan isi ulang. Bandingkan dengan operator lain yang masa aktifnya hanya sebulan atau paling lama 3 bulan.

5.    Stabilitas yang Tinggi
Stabilitas koneksi internet Tri sudah cukup teruji, di manapun dan kapanpun. Saya sudah membuktikannya dengan mencoba di kantor, di rumah dan di jalan. Untuk waktu pun bisa saya pastikan bahwa di waktu jam sibuk atau jam sepi koneksi internet TRI tetap stabil.

Satu kelemahan Tri adalah kuota yang sedikit, tapi dengan stabilitas koneksi yang tinggi dan masa aktif yang lama maka Tri adalah pilih yang cukup memuaskan.